Selasa, 03 Juli 2018

Pengalaman Mengikuti Rekruitmen/Seleksi PT. KAI Formasi Kesehatan

Sebagai salah satu nadzar saya jika lulus rekruitmen di PT. KAI, saya akan berbagi pengalaman mengikuti berbagai tahapan seleksi di PT. KAI di blog ini. Semoga bermanfaat...

1. Seleksi Administrasi
Di sini data dan berkas-berkas yang sudah kita masukkan diperiksa kelayakannya oleh petugas. Pastikan memasukkan datanya secara teliti ya, karena sedikit saja kesalahan memasukkan data atau kurang mencantumkan berkas yang diminta, kita bisa tidak lolos.

2. Seleksi Kesehatan Awal
Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, kita akan melalui seleksi kesehatan awal. Di sini berlaku sistem gugur di tiap posnya.
Pos I pengukuran tinggi badan (pria min 160 cm, wanita min 155 cm) dengan BMI normal (kalo ga salah antara 17-26). Jika lolos lanjut.
Pos II pemeriksaan visus. Jadi kita diminta duduk sambil membaca huruf-huruf di dinding pada jarak tertentu. Jika lolos lanjut.
Pos III adalah pos pemeriksaan gigi. Pada pos ini banyak sekali yang gugur. Gigi tidak boleh banyak lubang dan karang, tidak boleh gingsul, tidak boleh bergusi panjang, dan tidak boleh miring. Lanjut.
Pos IV merupakan pemeriksaan dokter. Di sini dites buta warna, tensi, dan varises. Jika lolos, diminta menyerahkan kartu peserta plus surat dari dokter tersebut ke petugas untuk diinput. Kita tinggal menunggu pengumuman kapan tahapan seleksi berikutnya diadakan.

3. Psikotes
Psikotes terdiri dari tes intelegensia umum, tes psikologi dengan diminta menggambar beberapa hal lalu menggambarkan diri sendiri, dan tes deret angka koran.

4. Wawancara
Pada tahap ini kita ditanya sesuai posisi yang kita lamar. Pertanyaan yang diajukan akan sesuai bidang dan keahlian kita. Selain itu akan ditanya tentang pengalaman kerja kita di tempat sebelumnya atau pengalaman kuliah. Selain itu akan ditanya beberapa hal mengenai kepribadian dan bagaimana cara kita mengatasi masalah sosial. Daaan pertanyaan yang sepertinya pasti diajukan adalah: apakah bersedia ditempatkan di luar pulau? Minta gaji berapa? Jadi siapkan jawaban sebaik mungkin yaaa...

5. Seleksi Kesehatan Akhir
Naaaah ini tes yang gimanaaa gitu. Hehe. Setelah lega lolos tahap seleksi yang paling mendebarkan, ternyata masih ada satu tahap lagi yang cukup menempa mental.
Kita diminta puasa sekitar 10 jam sebelum tes. Kemudian kita diminta mengisi beberapa formulir dan surat pernyataan bersedia mengikuti proses seleksi di mana dijelaskan bahwa kita akan diperiksa dari ujung rambut sampai ujung kaki alias telanjang bulat. Jika tidak bersedia, bisa mundur saat itu juga kok, jadi nggak dipaksa.
Setelah kita setuju mengikuti tes, pertama-tama kita difoto sambil memegang kertas hvs bertuliskan nama kita. Selanjutnya cek darah, urine, rontgen, visus, ekg, TB/BB, gigi, pendengaran, buta warna, dan terakhir adalah pemeriksaan fisik. Pada pos pemeriksaan fisik ini kita diminta melepaskan semua pakaian kita dengan menyisakan pakaian dalam saja (yang nantinya tetap akan dibuka, hiks). Pertama kita diminta berbalik badan untuk diperiksa varises. Selanjutnya diminta nungging sambil membuka cd untuk memeriksa ambeien, selanjutnya berbalik lagi untuk diperiksa alat kelamin kita. Selanjutnya kita diminta berbaring dan diperiksa area payudara, dada, perut, punggung, mata, telinga, dan leher. Kita juga akan dilihat cara duduk dan jalannya.
Sebenarnya seleksi tahap ini tidaklah terlalu buruk jika dilakukan secara private. Akan tetapi, satu hal yang bikin mental drop adalah kita masuk ruangan dokter tersebut tidak satu persatu melainkan beberapa orang sekaligus. Saya sendiri masuk bersama tiga peserta lainnya yang tentu bisa dibayangkan betapa malunya kami. Tapi, ya sudahlah, toh kita juga yang bersedia diperiksa. Hehe.

Setelah melalui serangkaian tes tersebut, kita tinggal menunggu hasilnya. Pengumuman biasanya dalam 2-4 minggu. Saya sendiri deg degan selama 4 minggu sebelum akhirnya memperoleh pengumuman (mungkin lama karena libur lebaran).

Ya, begitulah teman-teman sedikit gambaran tes masuk PT. KAI. Saya sendiri mengambil formasi kesehatan sebagai Apoteker, tapi rasanya posisi lain pun seleksinya tidak akan jauh beda. Semoga informasi ini cukup bermanfaat buat teman-teman yang akan mengikuti rekruitmen di PT. KAI. Good luck!

3 komentar:

  1. waktu di tes pada area alat kelamin dicek apa saja ya??

    BalasHapus
  2. Cuma 3 orang, kalo Sipencatar kemarin 10 orang sekaligus masuk dalam ruangan, wkwkwk

    BalasHapus
  3. Kalo kmrn dokternya bikin kesepakatan kalau kita disuruh ngadep tembok sambil merem. Jadi yg boleh buka mata cuma yg diperiksa, jadinya walau masuk ber 10 ttp ga liat aurat tmnnya

    BalasHapus