Jumat, 17 Mei 2013

Gresik? Why? :)

SIPA-ku sudah jadi, tapi rupanya untuk mengurus surat berikutnya yakni SIA (Surat Izin Apotek) perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi dan itu butuh waktu. So, daripada blog ini sepi kuisi aja dengan kenapa aku memilih Gresik sebagai tempat kerjaku.

Mood menulis postingan ini muncul ketika beberapa hari yang lalu aku pulang kerja sekitar jam sepuluh. Perut tiba-tiba keroncongan. Alhasil aku pun berbelok sejenak untuk membeli martabak dalam perjalanan pulang ke kost. Penjual martabak tampak sedang menghitung uang dan sudah tak ada satupun pembeli. Aku pun langsung memesan martabak kepada si bapak penjual. Dengan cekatan pak penjual martabak membuatkan martabak pesananku tapi rupanya matanya sesekali curi-curi pandang ke motorku yang kuparkir dekat sekali dengan rombong si bapak. Dalam hati aku sudah tau apa yang membuat si bapak tertarik pada motorku tapi aku stay cool aja (karena laper jadi males ngajak ngomong :p ).

Daaaan akhirnya
setelah beberapa kali curi pandang, si bapak pun bertanya, "Mbaknya asli luar pulau ya?". Karena sudah tau apa yang akan ditanyakan si bapak aku pun dengan cepat menjawab, "Ah enggak koq, pak. Saya asli sini, asli Gresik...". Si bapak cuma manggut-manggut sambil bilang, "oooow, Gresik mana?". Kujawab, "Jl. Veteran, pak...". Si bapak manggut-manggut lagi sambil memotong-motong martabak yang sudah jadi. "Berapa, pak?", tanyaku. "Sedoso mawon...", jawab si bapak. "Berapa?", tanyaku ulang dengan nada kurang yakin karena aku minta dua topping jadi satu koq harga martabaknya tetap sama. "Sedoso mawon... ngerti nggak itu berapa?", ujar si bapak. "Sepuluh ribu", jawabku mantap. "Oooh... ternyata ngerti toh sedoso itu berapa... hahaha...", si bapak tertawa pelan. Ckckck... rupanya si bapak masih belum percaya kalo aku orang Gresik atau Jawa, sampai-sampai beliau mengujiku dengan bahasa Jawa --"

Kejadian seperti itu bukan yang pertama sih. Setiap orang yang melihat plat nomor motorku selaluuuu tanya aku orang Jogja ya? atau kalo mereka yang nggak tau AB itu plat mana selalu tanya aku orang luar pulau ya? Rasanya pengen ganti plat nomor jadi W atau minimal L deh... Pernah juga ada yang tanya aku orang Jogja ya, kujawab bukan, aku orang Gresik. Trus dia tanya orang tuaku di mana, kujawab di Jogja, dia langsung bilang, "Gitu koq orang Gresik, orang Jogja namanya itu...". Uuuugh! Rasanya pengen teriak dan bilang bukaaaan... ortuku juga baru beberapa tahun terakhir koq di Jogjaaaa. Tapi... aku sudah terlalu bosan menjelaskan, saking seringnya orang bertanya.  Mmmm... bukannya aku nggak suka dengan Jogja. I like Jogja but I love Gresik :)

Agak bertanya-tanya juga, kenapa ya umumnya orang nggak percaya kalo aku orang Gresik atau minimal orang Jatim. Mungkin karena aku lebih sering pake Bahasa Indonesia daripada Bahasa Jawa, dan kata orang-orang Bahasa Indonesiaku nggak medok. Tapi percayalah, ketika aku berbahasa Jawa, aku bisa medok ala Jawa Timuran koq... :D

Aku juga lebih bangga diakui sebagai orang Gresik (atau minimal Jatim) daripada diakui sebagai orang daerah lain. Seorang teman kerja di Jogja, asli Cirebon, dia pernah berkata kalo pengen anaknya ntar lahir di Jogja supaya di akta kelahiran dan KTPnya nanti keren kalo kota kelahirannya adalah Yogyakarta. Aku sih cuma manggut-manggut karena sah-sah aja, itu kan hak dia. Tapi aku lebih bangga kalo nantinya anak-anakku lahir di kota yang sama dengan kota kelahiranku daripada di kota-kota lain yang mungkin bagi orang lain lebih terkenal. Kalo ditanya kenapa aku begitu cintanya pada Gresik, jawaban paling mendasar mungkin adalah karena itu adalah kota kelahiranku. Orang tuaku juga asli Gresik dua-duanya. Tapi mungkin ada alasan lain yang lebih kuat dari itu...

Let me tell a story. Dulu saat kecil (usia TK-SMP), ayahku sering pindah-pindah tempat kerja dan akibatnya  kami sekeluarga jadi sering pindah-pindah kota tempat tinggal. Saat tinggal di luar Gresik, dan aku sakit, trus dibawa ke dokter nggak sembuh-sembuh, maka bawa saja aku ke Gresik dan aku akan sembuh. That's fact. Silakan bertanya pada kedua orang tuaku kalo nggak percaya, sudah berapa kali mereka bolak-balik ke Gresik dari luar kota ketika aku sakit :D . Aku sendiri bertanya-tanya. Ada apa dengan Gresik? Koq kayaknya aku ketergantungan sekali dengan kota ini.

So, now... ketika aku "babak belur" menjalani kuliah selama 5,5 tahun di luar Gresik... dan setelah sempat kerja yang "menyedihkan" beberapa bulan di kota yang sama dengan tempatku kuliah, maka aku pun memilih "menyembuhkan diri" di Gresik. Bukankah dulu saat sakit aku selalu sembuh saat kembali ke Gresik? Aku berpegang pada teori itu.

Ketika aku membaca sebuah lowongan Apotek yang membutuhkan Apoteker untuk ditempatkan di Gresik, aku pun dengan semangat langsung apply (walau sebenarnya aku anti Apotek :p ). Pernah suatu ketika, saat kumpul-kumpul dengan teman-teman kerja di Apotek ini, plus ada staf HRD dan staf Legal, ada seorang teman bertanya, "Bu, VG (singkatan nama Apotekku) nggak buka di Jogja?". "Ada, tapi cuma boleh buka satu di sana...", jawab sang Staf HRD. Dengan cepat teman tersebut langsung menoleh padaku dan berkata, "Tuuuuh, Mbak Ovi... di Jogja ada tuh... Pindah ke sana aja...". Aku hanya menjawab dengan singkat dan mantap, "Nggak mau". "Kenapa nggak mau?", sambil semua mata tertuju padaku. Mungkin mereka bertanya-tanya kenapa aku yang "orang jogja" koq nggak mau ke Jogja. Aku hanya menjawab dengan sebuah senyuman tanpa kata-kata. Mereka pun nggak bertanya-tanya lagi karena sudah paham kalo senyumanku berarti aku enggan menjelaskan karena hanya aku yang paham apa alasannya... :)

Teringat juga ketika pertama kali menginjakkan kaki kembali di Gresik seseorang pernah bertanya padaku, "Koq nekat jauh-jauh ke Gresik?". Kalo nggak salah orang tersebut bahkan mengulang pertanyaan itu sampai tiga kali (mungkin saking herannya). Aku hanya mampu menjawabnya dengan senyuman. Entah orang tersebut paham atau nggak dengan arti senyumanku... :p

Bukan karena Apotek ini aku jauh-jauh pindah ke Gresik... Tapi karena Gresik lah aku "jauh-jauh" pindah ke Apotek...


2 komentar:

  1. Apotek Munggu Farma.
    Kami menyediakan obat, suplemen atau makanan kesehatan terlengkap di Gresik.
    Alamat : Jalan Raya Munggugiyanti 30 A, Benjeng, Gresik
    CP Udin : 085732773617

    BalasHapus